Langsung ke konten utama

ULANGAN HARIAN KD 3.1 PERUBAHAN SOSIAL KELAS 12 SMA

Petunjuk Pengerjaan

  1. Bacalah doa sebelum mengerjakan soal

  2. Kalian boleh berselancar di buku maupun internet

  3. Kerjakanlah sesuai dengan kemampuan Anda

  4. Jika ada yang belum jelas, bisa langsung ditanyakan via WhatsApp

Uraian

  1. Buatlah sebuah tulisan (minimal 1 halaman) tentang Perubahan Sosial yang Anda Alami Selama Masa Pandemi. Dalam tulisan tersebut memuat tentang: (Total Score 60)

  1. Teori perubahan sosial

  2. Bentuk perubahan sosial

  3. Faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial

  4. Faktor peyebab perubahan sosial baik internal maupun eksternal

  5. Dampak positif dan negatif dari perubahan sosial yang kalian alami


  1. Silakan klik link ini https://www.youtube.com/watch?v=jHZ_HXDm05Q tentang “Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 (Four Point Zero) - Animasi Pembelajaran”. Kemudian buatlah: (Total Score 40)

  1. Deskripsikan secara singkat tentang video tersebut!

  2. Jelaskan disertakan alasan, bentuk perubahan sosaial yan terjadi pada video tersebut!

  3. Berikan tangapan Anda tentang dampak positif dan negatif yang dihasilkan dari perubahan sosial tersebut!







Lembar Jawaban

  1. Perubahan sosial selama masa pandemi:

1.1. Teori perubahan sosial yang sesuai dengan pandemi COVID-19 ini menurut saya adalah teori siklus yang mana menjelaskan “bahwa perubahan sosial bagaikan roda yang berputar, kemajuan dan kemunduran sebuah peradaban merupakan bagian dari sifat alam yang tidak dapat dikendalikan oleh manusia”. Sama halnya dengan wabah penyakit biologis yang kita lalui setiap zaman memiliki era wabah penyakitnya masing-masing, walaupun tidak dalam kurun waktu yang pasti terjadinya. Hal ini juga sesuai dengan kalimat “sifat alam yang tidak dapat dikendalikan oleh manusia,” pandemi COVID-19 ini menurut WHO adalah virus yang bukan berasal dari buatan manusia dan terbukti bahwa pada awal pandemi seluruh negara di dunia kewalahan menanggulanginya serta tidak berhasil melakukan upaya preventif sebab diluar dari kendali mereka.

1.2. Bentuk perubahan sosial yang sesuai dengan pandemi COVID-19 ini menurut saya adalah perubahan yang tidak direncanakan apabila dilihat berdasarkan prosesnya karena tidak direncanakan dan tidak dikehendaki oleh siapapun. Kemudian apabila dilihat berdasarkan ukurannya termasuk perubahan besar karena memengaruhi masyarakat secara luas (pandemi dirasakan oleh seluruh masyarakat dunia) dan memengaruhi sistem sosial masyarakat (pandemi memaksa siapapun untuk menerapkan pola hidup new normal). Berdasarkan sisi kemajuan dan kemunduran arahnya pandemi COVID-19 termasuk kedalam perubahan regress, hal ini karena banyak sekali perencanaan pembangunan ataupun bahkan acara yang sifatnya mengedukasi serta membangun menjadi tertunda dan batal, hal ini membuat pengangguran semakin banyak, sulitnya akses pendidikan di pedalaman, dan kerugian lain yang ditanggung oleh masyarakat luas.

1.3. Faktor pendorong dan penghambat dalam pandemi COVID-19 ini menurut saya sangat beragam. Salah satu faktor pendorongnya adalah majunya sistem pendidikan serta IPTEK yang mendorong ditemukannya vaksin COVID-19 dengan lebih cepat berbeda dengan wabah virus sebelumnya yang membutuhkan waktu yang lama untuk sebuah vaksin. Kemudian, salah satu faktor penghambatnya adalah hambatan-hambatan yang bersifat ideologis, sebab banyak diantara masyarakat kita yang masih tidak percaya dengan COVID-19 bahkan mereka abai terhadap protokol kesehatan. Hal ini menyebabkan semakin lamanya pandemi COVID-19.

1.4. Faktor penyebab perubahan sosial pada pandemi COVID-19 ini ada dua macam, yakni internal dan eksternal. Faktor internalnya adalah pertentangan dalam masyarakat (konflik) karena dalam pandemi COVID-19 masyarakat terpolarisasi menjadi dua kubu, yakni patuh terhadap protokol kesehatan dan abai protokol kesehatan. Hal ini menyebabkan masyarakat terus mencari titik tengah dengan melakukan kompromi sehingga sering terjadi pergejolakan di masyarakat mulai dari pertentangan mengenai proses penguburan jasad hingga penyebaran hoaks. Kemudian, faktor eksternalnya adalah perubahan lingkungan fisik karena pandemi terjadi begitu saja tanpa adanya persiapan apapun dan menyebar luas ke seluruh dunia secara alami.

1.5. Dampak positif dari perubahan sosial dimasa pandemi COVID-19 ini salah satunya menurut saya adalah masyarakat jadi makin mawas akan kebersihan diri dan semakin menyadari bahwa kesehatan itu penting. Hal ini menyebabkan terjadinya kekompakkan dalam masyarakat untuk berintegrasi bersama bersatu melawan virus COVID-19. Kemudian, tentu dampak negatifnya sangat banyak salah satunya menurut saya adalah hancurnya sektor ekonomi sehingga terjadi peningkatan tindakan kriminal di masyarakat salah satunya adalah kasus penimbuna alat kesehatan dan pemalsuan dokumen mengenai COVID-19.


  1. Analisis video:

    1. Video tersebut menjelaskan tentang perkembangan era revolusi industri yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan penemuan baru yang menguabah tata cara dan sistem kehidupan dimasyarakat luas.

    2. Bentuk perubahan sosial dalam video tersebut dilihat berdasarkan kecepatan berlangsungnya termasuk kedalam perubahan revolusi karena terjadi secara cepat dan terjadi pada dasar pokok kehidupan masyarakat. Kemudian berdasarkan sisi kemajuan dan kemunduran arahnya perubahan ini tergolong kedalam perubahan progress, karena semakin mudahnya segala aspek kehidupan manusia dan merupakan perubahan yang diinginkan serta membawa ketahap yang lebih maju. Berdasarkan sifat perubahannya tergolong kedalam perubahan struktursl karena mengubah seluruh struktur sosial dan juga menyebabkan perubahan dalam lembaga sosial kemasyarakatan ditandai dengan ditambahkannya aspek digital dalam lembaga sosial.

    3. Dampak positif dari perubahan sosial yang disebabkan oleh revolusi industri menurut saya adalah terjadinya modernisasi dan efisiensi dalam kehidupan dimasyarakat dibuktikan dengan semakin mudahnya berkomunikasi dam mendapatkan pelayanan secara digital yang sangat menghemat waktu dan tenaga dari masyarakat tersebut. Untuk dampak negatif menurut saya salah satunya adalah penyalahgunaan teknologi yang dapat menyebabkan disorganisasi masyarakat dan menyebabkan kerugian oleh orang lain.



--------------Setiap Kita Memiliki Kemampuan, Yakinlah dengan Kemampuan Kita-----------

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal Kegiatan Distribusi dan Konsumsi

Tentukan BENAR atau SALAH pernyataan di bawah ini dan berikan alasannya! Distribusi adalah kegiatan yang ditujukan untuk menyalurkan barang dan/ atau jasa tertentu dari produsen ke konsumen. Pak Sugiono memproduksi keripik pisang, keripik pisang yang dibuat Pak Sugiono langsung dijual di pasar. Pernyataan tersebut merupakan contoh distribusi langsung. Dalam mendistribusikan perlengkapan sekolah menggunakan mata rantai jenjang ketiga (3). Faktor pasar, barang, pedagang dan kebiasaan dalam pembelian merupakan factor-faktor yang memengaruhi distribusi. Dalam proses mendistribusikan distributor tidak memiliki fungsi sebagai penanggung resiko. T...

Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Kesejahteraan Mental

PENDAHULUAN Pemilihan topik dampak penggunaan media sosial terhadap kesejahteraan mental didorong oleh keinginan saya untuk mengetahui apakah benar-benar ada dampak yang signifikan dari penggunaan media sosial terhadap kesejahteraan mental seseorang. Fenomena di sekitar saya, terutama dalam lingkungan pertemanan, di mana semakin banyak orang yang memutuskan untuk menonaktifkan akun media sosial mereka demi kesehatan mental, hal ini sangat mengkhawatirkan dan memancing rasa keingintahuan saya. Dalam rangka mencari pemahaman yang lebih mendalam mengenai hubungan antara penggunaan media sosial dan kesejahteraan mental, saya memilih dua jurnal yang relevan, melalui penelusuran di website https://remote-lib.ui.ac.id/menu dengan kata kunci "The Impact of Social Media Use on Mental Well-being" saya akhirnya menemukan dua jurnal yang saya rasa cocok. Pertama, jurnal yang berjudul "Associ...

MEMBANGUN KARAKTER

Karakter telah menjadi topik yang sering diperbincangkan belakangan ini. Agar dapat memahaminya, diperlukan penjelasan tentang konsep tersebut dan hubungannya dengan kehidupan manusia. Mahasiswa seolah-olah menjadi bagian dari karakter karena keberadaan mereka di lingkungan akademik. Mereka diharapkan memiliki semangat belajar yang tinggi dan sifat jujur dalam menghindari tindakan plagiasi. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan memiliki sifat toleran terhadap teman-teman kampus yang memiliki latar belakang yang berbeda, seperti logat bahasa, asal usul kampung halaman, dan agama. Oleh karena itu, karakter menjadi isu utama dalam dunia pendidikan tinggi. Peterson dan Seligman (2004) menjelaskan bahwa karakter adalah ciri-ciri psikologis yang unik dan mencakup cara individu berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya serta bagaimana mereka mengatasi masalah dalam hidupnya. Pendidikan karakter menurut Rusnadi (2018) adal...