Langsung ke konten utama

SOAL USBN 2021 -SEJARAH WAJIB-

MULTIPLE CHOICE

  1. Sejarah berasal dari kata syajaratun yang berarti pohon. Berdasarkan arti kata pohon tersebut sejarah memiliki arti ... .

  1. statis, tumbuh, dan terus berulang setiap periode

  2. dinamis, logis, dan berhenti pada suatu masa

  3. statis, hidup, dan berkembang sepanjang masa

  4. dinamis, tumbuh, dan berjalan terus sepanjang masa

  5. berubah-ubah, tidak pasti, dan berkembang sepanjang masa

ANS: D


  1. Perang Bubat adalah perang yang terjadi pada tahun 1357 M di desa Bubat antara pasukan Gajah Mada dari kerajaan Majapahit dan pasukan Linggabuana dari kerajaan Sunda. Dalam perang ini sebagian besar pasukan Linggabuana gugur. Berdasarkan narasi di atas, maka bisa melihat sejarah sebagai…

  1. Peristiwa

  2. Kisah

  3. Ilmu

  4. Seni

  5. Dongeng

ANS: A


  1. Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI dilaksanakan di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Tempat atau daerah terjadinya peristiwa tersebut, dalam konsep ilmu sejarah dikenal dengan dimensi ....

  1. ruang

  2. waktu

  3. manusia

  4. kronologi

  5. dinamika

ANS: A


  1. Pertempuran Ambarawa yang terjadi pada tanggal 20 Oktober – 15 Desember 1945 diawali dengan kedatangan tentara sekutu yang diboncengi NICA dan mendarat di Semarang. Pertempuran tersebut dimulai pada tanggal 23 November 1945. Pertempuran berakhir pada tanggal 15 Desember 1945 dan Indonesia berhasil merebut Ambarawa. Urutan peristiwa sejarah tersebut menunjukkan konsep berpikir diakronik karena ....

  1. peristiwa Ambarawa diuraikan memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang

  2. peristiwa Ambarawa diuraikan dari aspek sosial dan politik masyarakat Indonesia

  3. terjadi perubahahan yang dapat mendorong pasukan Indonesia memenangkan pertempuran tersebut

  4. keberlanjutan dimana peristiwa tersebut memberikan semangat nasionalisme kepada para prajurit Indonesia

  5. peristiwa tersebut menunjukkan adanya fakta sejarah yang dapat dijadikan bahan historiografi

ANS: A


  1. Sejarah terbentuk dari tiga unsur, yang ketiganya tidak dapat terpisahkan antara satu dengan yang lain. Ketiga unsur tersebut, yaitu manusia, ruang dan waktu. Ruang adalah konsep yang paling melekat dengan waktu. Jika waktu menitik beratkan pada aspek kapan peristiwa itu terjadi, maka konsep ruang menitikberatkan pada aspek tempat, dimana peristiwa itu terjadi. Contoh dari peristiwa yang mempunyai keterkaitan antara ruang dan waktu adalah....

  1. Peristiwa banjir di Jakarta karena kerusakan hutan di Bogor

  2. Lapangan pekerjaan banyak tersedia di kota, sedangkan di desa terbatas hanya pada sektor pertanian, akibatnya terjadi urbanisasi

  3. Keterbatasan persediaan kayu di daerah perkotaan dan perbatasan sekitarnya membuat para pengusaha kayu untuk melakukan penebangan liar di wiayah pedalaman di Indonesia

  4. Kurangnya tenaga pengajar di daerah Nusa Tenggara Timur mengakibatkan pemerintah mengirimkan guru dari DKI jakarta.

  5. Pilihan presiden di Indonesia diselenggarakan pada tanggal 9 Juli 2014

ANS: E


  1. Perhatikan data di bawah ini!

  1. Zaman kolonialisme Belanda

  2. Zaman perkembangan Islam

  3. Zaman Hindu-Budha

  4. Zaman pendudukan Jepang

  5. Zaman revolusi

Urutan periodisasi sejarah indonesia yang benar adalah....

  1. 1 – 2 – 3 – 4 – 5

  2. 2 – 3 – 1 – 5 – 4

  3. 3 – 2 – 1 – 4 – 5

  4. 4 – 5 – 3 – 2 – 1

  5. 5 – 4 – 1 – 2 – 3

ANS: C


  1. Perhatikan gambar di bawah ini!

C:\Users\ASUS\Documents\download.jpg

Gambar di atas adalah teknologi ciptaan manusia yang memiliki makna bahwa alat komunikasi sangatlah penting baik untuk hari ini dan di masa depan. Pemahaman kesejarahan dengan adanya perubahan dalam kehidupan manusia yang dapat berlangsung secara

  1. Lambat

  2. Cepat

  3. Stagnan

  4. Konstan

  5. Statis

ANS: B


  1. Perhatikan keterangan berikut ini !

  1. Masyarakat praaksara memiliki kepercayaan terhadap kekuatan ghaib dan kejadian-kejadian alam adalah akibat dari perbuatan roh halus. Untuk menghindari petaka maka roh halus harus dipuja (animisme)

  2. Masyarakat praaksara hidup berkelompok , mereka bergotong royong untuk kepentingan bersama seperti membangun rumah dan membuat bangunan megalitik

  3. Dalam hidup berkelompok , masyarakat praaksara akan memilih seorang pemimpin yang dianggap paling mampu untuk mengatur masyarakat dan memberikan keputusan untuk memecahkan masalah yang dihadapi bersama

  4. Pada masa berburu sudah ada pembagian tugas sesuai dengn kekuatan dan kemampuannya sehingga ada perbedaan antara tugas kaum laki-laki dengan kaum perempuan. Pada masa perundagian pembagian tugas didasarkan pada ketrampilan dan keahlian.

Dari keterangan tersebut diatas, merupakan nilai musyawarah dan mufakat , serta nilai keadilan yang diwariskan oleh masyarakat praaksara terhadap kehidupan saat ini adalah nomor … .

  1. 1 dan 2

  2. 1 dan 3

  3. 2 dan 3

  4. 2 dan 4

  5. 3 dan 4

ANS: D


  1. Masyarakat pra-aksara dari zaman ke zaman selalu menghasilkan alat kebudayaan, diantara hasil kebudayaan zaman pra aksara yaitu dolmen, menhir, waruga, dan punden berundak. Fungsi dari berbagai macam alat tersebut digunakan dalam segi aspek….

  1. Ekonomi

  2. Kepercayaan

  3. Sosial

  4. Budaya

  5. Keamanan

ANS: B


  1. Perhatikan argumen berikut ini!

  1. Agama Hindu bukan agama yang demokratis, karena urusan keagamaan menjadi
    monopoli kaum Brahmana.

  2. Prasasti Indonesia yang pertama berbahasa Sansekerta, sedangkan di Indonesia
    sendiri bahasa itu hanya digunakan dalam kitab suci dan upacara keagamaan.
    (I wayan Badrika, 2003: 7).

Argumen tersebut menguatkan hipotesis masuknya agama dan budaya Hindu ke Indonesia, yaitu teori ........

  1. arus balik

  2. sudra

  3. waisya

  4. ksatria

  5. brahmana

ANS: E


  1. Dalam catatan sejarah, ketika pendiri Majapahit, Raden Wijaya meninggal, dia dicandikan dalam bentuk Harihara, gabungan dari dewa agama Hindu. Sementara, Gayatri Rajapatni, istrinya dan anak dari Raja Kertanegara, adalah seorang pemeluk agama Buddha dan dalam usia lanjutnya menjadi seorang biksuni. Candi untuk agama hindu maupun Buddha dibangun oleh kerajaan Majapahit. Hal ini membuktikan bahwa kerajaan Majapahit memiliki nilai-nilai toleransi pada bidang…

  1. Ekonomi

  2. Militer

  3. Sosial

  4. Kepercayaan

  5. Politik

ANS: D


  1. Semboyan Bhinneka Tunngal Ika terdapat pada Kitab Sotasoma ditulis oleh Mpu Tantular yang mengandung arti beragam itu satu bertujuan untuk memperkuat persatuan Majapahit yang pada waktu itu memiliki banyak aliran agama. Semboyan itu menjadikan Majapahit menjadikan kerajaan yang aman dan damai. Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam semboyan tersebut untuk kehidupan masa kini adalah … .

  1. meningkatkan rasa cinta tanah air

  2. melaksanakan hak dan kewajiban

  3. mendahulukan hak dari kewajiban

  4. mengutamakan kepentingan raja

  5. menciptakan hidup rukun dan damai

ANS: E


  1. Islam masuk ke Indonesia masuk pada awalnya dibawa oleh para pedagang atau saudagar dari Arab, India, dan Persia. Kemudian pedagang tersebut berbaur dengan orang Jawa, Melayu, Sunda dan suku bangsa lainnya dan tinggal dan menetap di wilayah tersebut. Oleh karena itu maka masyarakat mudah menerima masuknya agama dan budaya Islam. Hal ini membuktikan Islam masuk ke Indonesia melalui ....

  1. perkawinan

  2. penjajahan

  3. pendudukan

  4. perdagangan

  5. penyiaran

ANS: D


  1. Tercatat selama abad 13 sampai abad 16,Samudra Pasai di kenal sebagai salah satu kota di wilayah Selat Malaka dengan Bandar pelabuhan yang sangat sibuk. Pasai menjadi pusat perdagangan internasional dengan lada sebagai salah satu komoditas ekspor utama. Samudra Pasai mengalami perkembangan pesat karena… .

  1. berada di jalur pelayaran dan perdagangan Internasional (Selat Malaka)

  2. Menjalin hubungan dengan Sriwijaya

  3. Jatuhnya Malaka ke tangan Inggris

  4. Banyak didatangi pedagang muslim dari negara lain

  5. Runtuhnya kerajaan Sriwijaya

ANS: A


  1. Salah satu tradisi dari Mataram Islam bahkan sampai saat ini masih dilaksanakan oleh masyarakat sebagai tradisi sekaten, berupa kenduri gunungan yang berisikan makanan dan buah buahan hasil bumi diarak dan kemudian diperebutkan masyarakat . Tujuan dari tradisi tersebut adalah....

  1. Merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW

  2. Merayakan ulang tahun raja atau pejabat istana

  3. Merayakan hasil panen rakyat

  4. Merayakan tahun baru Islam

  5. Merayakan tahun baru masehi

ANS: D


  1. Pada tahun 1453 kota Konstantinopel dikuasai oleh kerajaan Turki, kemudian Turki melarang bangsa-bangsa Eropa untuk datang dan berdagang di Konstantinopel. Hal ini mengakibatkan bangsa Eropa mengalami kesulitan untuk mendapatkan barang-barang produk Asia dan mendorong mereka datang di bumi Nusantara. Memperhatikan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia motif awalnya adalah ….

  1. mencari rempah-rempah

  2. membuktikan bumi bulat

  3. mencari kekayaan

  4. penyebaran agama

  5. memperluas wilayah

ANS: A


  1. Perhatikan peta di bawah ini!

Pada abad ke 15, mulai berdatangan bangsa-bangsa Eropa ke Nusantara. Pertama kali datangnya bangsa Belanda ke Nusantara khususnya di Pulau Jawa ditunjukan pada nomer…

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

  5. 5

ANS: A





  1. Perhatikan tabel di bawah ini !

Sebelum Abad XX

Sesudah Abad XX

Dipimpin tokoh kharismatik seperti ulama

Dipimpin oleh kaum terpelajar

Menggunakan senjata sederhana

Organisasi sebagai senjata

Perjuangan bertujuan untuk daerah masing – masing

Menggunakan kekuatan diplomasi

Belum terorganisir

Sudah terorganisir dengan baik dan rapi

Kesimpulan yang dapat ditarik dari perbandingan sifat perjuangan bangsa Indonesia pada wacana diatas adalah ... .

  1. Golongan terpelajar lebih memegang peranan penting dalam mewujudkan proses kemerdekaan Indonesia

  2. Peranan tokoh kharismatik dapat menggerakkan masa

  3. Pendidikan bukan sebagai faktor utama mendorong proses lahirnya kemerdekaan

  4. Organisasi bukan wadah yang tepat untuk menumbuhkan rasa persatuan

  5. Penggunaan senjata sebagai faktor utama dalam sebuah perjuangan

ANS: A


  1. Perhatikan pernyataan berikut ini !

  1. Mengenang kejayaan masa lampau

  2. Munculnya kaum terpelajar

  3. Perkembangan politik etis

  4. Kekejaman Belanda pada saat Tanam Paksa

  5. Munculnya kaum priyayi yang mendanai pergerakan nasional

Berdasarkan faktor diatas yang merupakan faktor intern timbulnya pergerakan nasional di Indonesia adalah ...

  1. 1, 2 dan 3

  2. 1, 3 dan 4

  3. 2, 3 dan 4

  4. 2, 4 dan 5

  5. 3, 4 dan 5

ANS: A


  1. Pemerintah Hindia Belanda gagal melaksanakan program edukasi dalam Politik Etis di Indonesia, karena tingkat buta huruf latin dalam rakyat Indonesia masih tinggi, hal ini wajar karena ... .

  1. Program edukasi hanya menghasilkan tenaga kerja dengan upah murah

  2. Program edukasi hanya menguntungkan golongan liberal Belanda

  3. Program edukasi hanya dinikmati oleh golongan bangsawan Indonesia

  4. Pemerintah Hindia Belanda fokus kepada program imigrasi

  5. Pemerintah Hindia Belanda fokus kepada program irigasi

ANS: C


  1. Imperialisme dan kolonialisme yang dilakukan Belanda terhadap bangsa Indonesia pastinya tidak disukai banyak orang karena masyarakat di dalamnya harus tunduk terhadap penguasa dan tidak dapat melakukan apa yang mereka inginkan dengan leluasa. Akan tetapi, dampak penjajahan tidak selalu meninggalkan yang negatif. Dampak positif yang ditinggalkan dari penjajahan Belanda kepada bangsa Indonesia adalah…

  1. Kehidupan bangsa Indonesia menjadi sangat miskin dan terbelakang

  2. Banyaknya peperangan atas berbagai kerajaan di berbagai daerah Indonesia

  3. Terpecahnya – pecahnya masyarakat Indonesia karena politik adu domba

  4. Bermunculannya kaum intelektual yang cerdas diantara masyarakat bangsa Indonesia

  5. Kehidupan bangsa Indonesia yang terkekang karena dikendalikan oleh pemerintah colonial Belanda

ANS: D



  1. Masa pendudukan Jepang di Indonesia (1942-1945) membawa dampak di berbagai bidang antara lain rusaknya struktur ekonomi Indonesia, penderitaan sosial akibat Romusha (kerja paksa), benturan budaya dengan kewajiban seikerai (penghormatan pada kaisar dengan membungkuk badan 90 derajat kearah Tokyo) bagi masyarakat Indonesia. Tidak semua kebijakan pemerintah Jepang berdampak negatif melainkan terdapat dampak positifnya bagi bangsa Indonesia hingga saat ini, yaitu … ..

  1. Pemuda Indonesia mendapatkan pelatihan militer

  2. Tokoh-tokoh nasional terlibat dalam pemerintahan jepang

  3. Indonesia diberi hadiah kemerdekaan dari bangsa Jepang

  4. Pendidikan terbuka luas bagi seluruh masyarakat Indonesia

  5. Penggunaan bahasa Indonesia dan Jepang semakin luas

ANS: A


  1. Pasukan Ciung Wanara yang dipimpin oleh I Gusti Ngurah Rai dikepung oleh tentara Belanda. Aksi tembak-menembak tak terelakan, tentara Indonesia lebih memilih bertahan sampai titik darah penghabisan untuk membela tanah air. I Gusti Ngurah Rai dan 96 pasukannya tewas, sedangkan di pihak Sekutu yang tewas sekitar 400 pasukan. Pertempuran yang cukup besar ini dikenal sebagai…

  1. Perang Medan Area

  2. Perang Puputan Margarana

  3. Perang Ambarawa

  4. Perang Merah-Putih Manado

  5. Bandung Lautan Api

ANS: B


  1. Perbedaan paham antara golongan muda dan golongan tua tentang proklamasi memicu munculnya banyaknya peristiwa, diantaranya....

  1. penculikan golongan tua ke Rengasdengklok pada tanggal 16 Agustus 1945.

  2. memenuhi Undangan Jendral Koiso ke Dalat Vietnam

  3. informasi kekalahan Jepang yang diketahui oleh golongan muda

  4. Menyiapkan teks proklamasi

  5. Menyusun dasar negara dalam sidang PPKI

Dari uraian diatas manakah yang dilakukan oleh golongan tua menjelang proklamasi?

  1. 1, 2 dan 3

  2. 2, 4 dan 5

  3. 1, 3 dan 5

  4. 2, 3 dan 5

  5. 1, 3 dan 4

ANS: B


  1. Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia sangatlah penting. Proklamasi kemerdekaan yang dilakukan tanggal 17 Agustus 1945 menjadi titik balik kehidupan bangsa Indonesia.Makna Proklamasi dalam bidang sosial bagi bangsa Indonesia adalah ... .

  1. beralihnya tata hukum kolonial ke tata hukum Indonesia.

  2. budaya Indonesia menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.

  3. berubahnya sistem pemerintahan kolonial menjadi pemerintahan RI

  4. berdaulatnya rakyat Indonesia untuk mengelola sendiri Sumber kekayaan alamnya.

  5. diskriminasi ras pribumi yang ada selama masa kolonial ditiadakan

ANS: E


  1. Tugas pemerintah di awal kemerdekaan adalah membentuk sistem pemerintahan dengan adanya rapat dari PPKI di tanggal 18, 19, dan 22 Agustus 1945. Hasil rapat yang dicapai pada tanggal 19 Agustus antara lain membagi wilayah Indonesia menjadi…

  1. 5 Provinsi

  2. 6 Provinsi

  3. 7 Provinsi

  4. 8 Provinsi

  5. 9 Provinsi

ANS: D


  1. Perhatikan ilustrasi tentang perundingan Linggarjati sebagai berikut :

Perundingan Linggarjati yang diselenggarakan tahun 1946 antara Perdana Menteri Sutan Sjahrir an Van Mook ditengahi oleh Inggris. Keputusan ini menghasilkan pengakuan secara de facto wilayah Republik Indonesia hanya meliputi Jawa, Sumatera dan Madura. Keputusan tersebut banyak mendapat tentangan dari para tokoh Republik yang menganggap bahwa itu sama saja sebuah kekalahan dan kehilangan wilayah Indonesia yang sangat besar, tetapi di mata pemerintah, perundingan tersebut harus tetap disetujui, alasan pemerintah tetap menandatangani perjanjian itu adalah ... .

  1. Inggris telah menyatakan akan berpihak kepada pemerintah Indonesia

  2. Belanda terlihat kalah karena sudah tidak memiliki kekuatan militer untuk menyerang Republik Indonesia

  3. Pemerintah Indonesia terlihat berhasil memaksa Belanda untuk bersedia berunding walau tanpa perantara Inggris

  4. Pemerintah yang dipimpin oleh Sutan Sjahrir ingin membuktikan peranannya sebagai pihak yang mewakili rakyat Indonesia

  5. Perundingan itu membuktikan bahwa Belanda telah mengakui keberadaan Republik Indonesia, dengan bersedia mengikat diri dalam sebuah perjanjian.

ANS: E


  1. Gerakan PKI yang terjadi di kota Madiun 1948 mendorong Presiden Republik Indonesia untuk memusatkan seluruh kekuasaan yang berada di bawah komandonya. Ketika beliau mendengar berita bahwa kota Madiun telah dikuasai oleh sekelompok dari PKI yang dipimpin Muso, maka pemerintah langsung mengadakan Sidang Kabinet Lengkap yang berlangsung pada tanggal 19 September 1948 dan diketuai secara langsung oleh Ir. Soekarno. Dampak dari upaya penumpasan gerakan yang dilakukan oleh pemerintah adalah….

  1. Melakukan tindakan tegas dengan operasi militer

  2. Meminta bantuan dari negara Amerika & Uni Soviet

  3. Membuka ruang diplomasi kepada Musso

  4. Mengikuti keinginan dari gerakan PKI

  5. Memberikan kekuasaan penuh kepada PBB

ANS: A


  1. Perhatikan gambar di bawah ini!

C:\Users\ASUS\Documents\200px-Ahmad_Yani.jpg

Tokoh di atas mempunyai peran penting dalam menumpas gerakan DI/TII di Jawa Tengah dan PRRI di Sumatera Barat. Gugur pada saat gerakan 30 September 1965. Tokoh tersebut yaitu…

  1. Jendral Sudirman

  2. Gatot Subroto

  3. Kahar Muzakar

  4. Letkol Untung

  5. Ahmad Yani

ANS: E


  1. Perhatikan nama-nama berikut ini!

  1. Sutan Syahrir

  2. Adam Malik

  3. M. Natsir

  4. Burhanudin Harahap

  5. Wilopo

Berdasarkan nama-nama di atas, yang pernah menjabat sebagai perdana menteri pada masa Demokrasi Parlementer (1950-1959) adalah…

  1. 1,2,5

  2. 1,2,3

  3. 2,3,4

  4. 3,4,5

  5. 1,4,5

ANS: D


  1. Salah satu alasan pemerintah Indonesia mengganti sistem pemerintahan presidensial menjadi sistem pemerintahan parlementer adalah ingin menunjukan bahwa Indonesia adalah Negara yang demokratis. Keberhasilan utama pada masa demokrasi Liberal 1950 – 1959 dalam bidang politik dan pemerintahan yaitu ... .

  1. Terlaksananya demokrasi liberal yang stabil

  2. Sedikitnya partai politik pada masa demokrasi liberal

  3. Berhasilnya Konstituante membuat UUD yang baru

  4. Terlaksananya pemilu Legislatif dan Konstituante pada tahun 1955

  5. Stabilnya pemerintahan pada masa demokrasi liberal yang diakui dunia Internasional

ANS: D


  1. Pemilu pertama 1955 berhasil diselenggarakan pada masa kabinet Burhanuddin Harahap. Hasil pemilu ini memunculkan empat partai terkuat sebagai pemenang pemilu. Parta-parai tersebut adalah…

  1. PKI, MURBA, PNI MASYUMI

  2. PSI, MASYUMI, PKI, NU

  3. PNI, NU, MASYUMI, PKI

  4. NU, PNI, PSI, MURBA

  5. PSI, PNI, MURBA, NU

ANS: C


  1. Pada tanggal 5 juli 1959 presiden Soekarno sebagai penguasa pemerintahan pusat mengeluarkan dekrit yang isinya antara lain kembalinya UUD 1945. Penetapan kembali UUD 1945 mendapat dukungan berbagai pihak tetapi pada pelaksanannya banyak terjadi penyimpangan. Penyimpangan yang dilakukan presiden Soekarno pada masa Demokrasi Terpimpin adalah kebijakan Presiden Soekarno dalam pembentukan MPRS, karena…. ..

  1. MPR memiliki kedudukan di atas presiden sehingga presiden tidak dapat mengendalikan

  2. Adanya MPRS kedudukan presiden semakin kuat sehingga akan cenderung menjadi otoriter

  3. MPR merupakan lembaga tertinggi Negara dan presiden bertanggung jawab kepada lembaga tersebut

  4. MPRS mempunyai kedudukan setara menteri sehingga harus bertanggungjawab kepada presiden

  5. MPRS merupakan lembaga bentukan sepihak presiden yang anggota-anggotanya dipilih oleh presiden

ANS: B


  1. Pasca peristiwa G 30 S 1965, kondisi di masyarakat terjadi kekacauan. Oleh karena itu Presiden Sukarno dituntut mengeluarkan surat perintah untuk mengamankan keamanan. Kondisi politik pemerintahan setelah dikeluarkannya Supersemar justru menunjukkan adanya dualisme kepemimpinan yang disebabkan . . . .

  1. Presiden Soekarno merangkap jabatan sebagai presiden sekaligus pemimpin besar revolusi

  2. kekuasaan eksekutif melewati batas dengan melebihi kekuasaan lembaga negara lainnya

  3. Presiden Soekarno sebagai presiden RI sementara Mayor Jenderal Soeharto sebagai pengemban Supersemar

  4. adanya rangkap jabatan yang dipegang oleh Mayor Jenderal Soeharto

  5. adanya kekuasaan Dewan Jenderal dengan Dewan Revolusi

ANS: C


  1. Berdasarkan keputusan MPRS no 18/B/1967 pemerintah membentuk lembaga pengetahuan Indonesia, dengan tugas pokok sebagai berikut :

  1. Membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan bermanfaat bagi rakyat Indonesia

  2. Mencari kebenaran ilmiah, dan kebebasan penelitian serta kebebasan mimbar

  3. Mempersiapkan pembentukan akademi ilmu Pengetahuan Indonesia

Penjelasan diatas merupakan tugas dari lembaga ... .

  1. LIPI

  2. LEMHANAS

  3. MENRISTEK

  4. RISTEKDIKTI

  5. KEMENDIKBUD

ANS: A


  1. Salah satu hasil yang menonjol dari penerapan tentang revolusi hijau dalam bidang pertanian oleh pemerintahan orde baru yang telah mendapat pengakuan Internasional adalah ... .

  1. Penyelenggaraan Keluarga Berencana

  2. Swasembada beras

  3. Pelaksanaan transmigrasi

  4. Pemberantasan buta huruf

  5. Pembangunan Industri

ANS: B


  1. Pada masa Orde Baru, terdapat kebijakan politik tentang adanya 2 fungsi atau peran ganda di pihak militer (Dwifungsi ABRI). Dalam kekaryaan ABRI, makna konsep Dwifungsi ABRI adalah….

  1. ABRI bertugas sebagai penjaga pertahanan Negara dan kebudayaan

  2. ABRI bertugas menentukan haluan dan mengambil kebijakan politik Negara

  3. ABRI focus dalam setiap proses pengambilan keputusan pemerintah

  4. ABRI bertugas menjaga perbatasan dan pertahanan Negara

  5. ABRI tidak hanya bertugas menjaga pertahanan Negara, tetapi juga terlibat dalam perpolitikan nasional

ANS: E


  1. Latar belakang terjadinya gerakan reformasi adalah adanya krisis moneter pada tahun 1997 kondisi ekonomi Indonesia terus memburuk seiring dengan krisis keuangan yang melanda Asia. Perhatikan keterangan-keterangan berikut !

  1. Adanya krisis mata uang rupiah

  2. Adanya pemotongan nilai mata uang

  3. Mudahnya mendapatkan barang-barang kebutuhan pokok

  4. Adanya KKN dalam kehidupan pemerintah

  5. Naiknya harga barang-barang kebutuhan pokok

Faktor ekonomi sebagai pendorong terjadinya reformasi di Indonesia tahun 1998 ditunjukan pada nomor....

  1. 1), 2), dan 3)

  2. 1), 3), dan 5)

  3. 2), 3), dan 4)

  4. 2), 4), dan 5)

  5. 1), 4), dan 5)

ANS: E


  1. Indonesia merupakan bangsa yang kaya dengan perbedaan atau keanekaragaman pada berbagai sektor kehidupan. Perbedaan setiap daerah pastinya memiliki aturan, norma, atau budaya masing-masing yang berbeda dan tentu perlu untuk dilestarikan keberadaannya agar warisan bangsa tidaklah hilang. Salah satu upaya pemerintah untuk melestarikan budaya lokal, maka pemerintah membuat kebijakan dengan mengeluarkan mata pelajaran muatan lokal atau biasa disingkat sebagai mulok. Contohnya di masing-masing daerah, mendapatkan pelajaran bahasa lokal setempat. Hal ini salah satu bentuk otonomi daerah dalam bidang….

  1. Agama

  2. Ekonomi

  3. Militer

  4. Pendidikan

  5. Sosial

ANS: D


  1. Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut!

  1. Pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya.

  2. Menghapus dwifungsi ABRI

  3. Penegakan supremasi hukum

  4. Pembersihan kabinet dari unsur-unsur PKI.

  5. Mewujudkan pemerintahan bersih dari KKN

  6. Penurunan harga-harga kebutuhan pokok/perbaikan ekonomi.

Pada tahun 1997-1998 gelombang demonstrasi semakin meningkat dengan membawa agenda tuntutan dari mahasiswa ke pemerintah Orde Baru yang melahirkan Reformasi1998. Adapun agenda Reformasi ditunjukan pada nomor….

  1. 1, 2 & 3

  2. 2, 3 & 5

  3. 2, 4 & 6

  4. 1, 5 & 6

  5. 2, 3 & 4

ANS: B

Postingan populer dari blog ini

MENGURAI GLOBALISASI: WUJUD BUDAYA DAN PERUBAHAN SOSIAL DI JABODETABEK

A. PENGERTIAN GLOBALISASI Pengaruh globalisasi dalam dunia yang semakin terhubung secara global telah menjadi perhatian utama dalam berbagai bidang. Dalam era globalisasi ini, batasan-batasan geografis semakin terkikis, memberikan ruang bagi pertukaran informasi, ide, produk, dan budaya yang lebih intensif dan cepat. Fenomena ini tidak hanya membawa manfaat yang signifikan, tetapi juga menimbulkan tantangan dan perdebatan yang kompleks. Menurut Anthony Giddens, globalisasi adalah proses di mana dunia semakin terhubung melalui pertukaran informasi, ide, produk, dan budaya secara global. Ia berpendapat bahwa globalisasi melibatkan percepatan interaksi dan interdependensi antara negara-negara, serta melampaui batasan-batasan geografis dan politik. Giddens juga menekankan bahwa globalisasi memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk ekonomi, politik, sosial, dan budaya (Giddens, 19

TUGAS GEOGRAFI KELAS X SMA BAB HIDROSFER

PERTANYAAN   Jelaskan aktivitas manusia (minimal 3) yang dapat mengganggu proses siklus hidrologi serta dampak yang ditimbulkannya.   JAWABAN   Kegiatan manusia yang memengaruhi siklus air adalah penebangan hutan secara liar. Pembukaan lahan untuk pertanian dan perkebunan. Pembangunan perumahan dan perindustrian. Pembangunan jalan tol dan jalan raya di perkotaan dan desa.   Penebangan hutan liar yang menyebabkan banyaknya lahan kosong sehingga air yang turun tidak terserap oleh tanah. Pembangunan jalan dengan menggunakan aspal dan beton untuk membuat jalan tol dan jalan raya. Aspal dan beton menghalangi air untuk meresap ke dalam tanah. Pembakaran hutan yang dapat menyebabkan struktur tanah dan juga tandus. Tidak menanami lahan-lahan yang kosong dengan tanaman, tetapi mengubah lahan-lahan tersebut menjadi daerah pemukiman. Berkurangnya daerah resapan air di daerah perkotaan sehingga mengakibatkan sungai, danau, dan daerah penampungan air menjadi kering. Apabila kering, maka men

TRANSFORMASI DAN ADAPTASI MASYARAKAT PESISIR INDONESIA

A. PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL DAN MASYARAKAT PESISIR Dalam era yang terus berkembang ini, perubahan sosial menjadi fenomena yang tidak dapat dihindari. Perubahan tersebut melibatkan berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam konteks masyarakat pesisir Indonesia. Sebagai negara maritim dan kepulauan terbesar di dunia, pemahaman yang mendalam tentang perubahan sosial pada masyarakat pesisir menjadi sangat penting. Jan Flora dan Arnold P. Goldsmith menggambarkan perubahan sosial sebagai dinamika sosial dan transformasi struktur sosial yang melibatkan perubahan dalam pola hidup, mata pencaharian, dan pola kekerabatan dalam masyarakat (Flora & Goldsmith, 2003). Dalam konteks masyarakat pesisir, perubahan sosial dapat mencakup pergeseran dalam mata pencaharian dari perikanan tradisional ke sektor pariwisata atau industri lainnya, serta perubahan dalam struktur keluarga dan pola kekerabatan yang dap