Langsung ke konten utama

SOAL ULANGAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA

SOAL ULANGAN HARIAN 2 Arti Ujian Penghabisan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)


Pilihlah jawaban yang tepat!


1. Kalimat yang menunjukkan hubungan akibat sebab adalah....

A. Banjir dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor sosial.

B. Hujan deras terjadi dalam waktu yang cukup lama dan melebihi kapasitas. Akibatnya sungai, irigasi,

selokan atau saluran air lainnya akan meluap sehingga daerah yang termasuk dataran rendah,

seperti Jakarta akan terendam air.

C. Perilaku masyarakat yang sering membuang sampah sembarangan berdampak pada terjadinya

banjir.

D. Penebangan hutan secara ilegal dan beralih fungsinya daerah resapan menjadi daerah pemukiman

juga menjadi penyebab utama terjadinya banjir.

E. Mendangkalnya permukaan sungai karena tumpukan sampah mengakibatkan daya tampung

sungai jadi berkurang sehingga mudah terjadi banjir.

2. Pehatikan kerangka berikut.

(1) Proses terjadinya hujan asam

(2) Penyebab terjadinya hujan asam

(3) Definisi hujan asam

(4) Akibat hujan asam

(5) Simpulan hujan asam

Jika dikembangkan menajdi sebuah teks eksplanasi, urutan kerangka yang tepat adalah...

A. 3,1,2,4,5

B. 3,4,1,2,5

C. 3,4,2,1,5

D. 3,2,1,4,5

E. 3,2,1,4,5

3. Gletser merupakan sebuah bongkahan es besar yang terbentuk di atas daratan melalui proses pengkristalan salju. Gletser terjadi akibat adanya proses sublimasi dan pembekuan salju. Salju yang semula berbentuk butiran akan lepas menjadi padat dan ahirnya membentuk semacam bola salju. Pernyataan yang tepat sebagai penilaian terhadap isi teks tersebut adalah...

A. Penjelasanya sangat lengkap sehingga mudah memahami konsep gletser.

B. Agak sulit memahami arti gletser karena beberapa istilah tidak diperjelas maknanya.

C. Agak sulit memahami arti gletser karena menggunakan kalimat yang panjang dan tidak padu.

D. Penjelasan konsep gletser menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami.

E. Teks tersebut dapat menambah wawasan pembaca karena dijelaskan sebab dan akibat gletser.

4. Gunung es terbuat dari kumpulan es air tawar yang terbawa ke laut karena adanya pecahan gletser, atau ketika potongan es terpisah dari lapisan es yang mengapung. Sebagian kecil es mengapung di antara air laut yang asin, sedangkan bagian yang tebal tidak terlihat di bawahnya. Gunung es berasal dari daratan. Oleh karena itu, gunung es mengandung batuan besar maupun kecil yang terbawa gletser atau lapisan es dari batuan padat. Batuan itu menyebabkan gunung es menjadi berat sehingga melesap lebih dalam di laut.

Topik teks di atas adalah….

A. Fenomena gunung es

B. Proses terjadinya gunung es

C. Pecahan gletser

D. Air tawar membantu terjadinya es

E. Gunung es tidak terlihat dari atas.

5. Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Banjir terjadi karena alam dan tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir.

Perhatikan pernyataan berikut ini!

1. Banjir disebabkan oleh alam dan manusia.

2. Curah hujan merupakan faktor dari alam.

3. Perubahan tata guna lahan merupakan faktor manusia.

4. Erosi dan kerusakan bangunan merupakan faktor dari manusia.

Pernyataan di atas yang benar adalah ….

A.1,2,3 B. 1 dan 3 C. 2 dan 4 D. 4 saja E. 1,2,3,4

6. Topik yang tidak dapat dikembangkan menjadi teks eksplanasi adalah...

A. Terjadinya gempa bumi

B. Tahap-tahap membuat pasport

C. Proses terjadinya tsunami

D. Tahap-tahap terjadinya gerhana bulan

E. Proses terjadinya urbanisasi

Secara alami, hujan asam dapat terjadi akibat semburan dari gunung berapi dan proses biologis di tanah, rawa, dan laut. Akan tetapi, mayoritas hujan asam disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti industri, pembangkit tenaga listrik, kendaraan bermotor, dan pabrik pengolahan pertanian (terutama amonia). Gas-gas yang dihasilkan oleh proses ini dapat terbawa angin hingga ratusan kilometer di atmosfer sebelum berubah menjadi asam dan terdeposit ke tanah.

7. Paragraf tersebut termasuk struktur eksplanasi bagian....

A. pernyataan umum

B. pengertian umum

C. deret penjelas

D. interpretasi

E. orientasi

8. Bukti kausalitas pada teks tersebut tidak terdapat pada....

A. Hujan asam disebabkan oleh semburan gunung berapi.

B. Proses biologis adalah penyebab hujan asam.

C. Aktivitas manusia merupakan penyebab terjadinya hujan asam.

D. Hujan asam disebabkan asap kendaraan bermotor.

E. Tanah dan laut adalah penyebab terjadinya hujan asam.


Abrasi terjadi karena faktor alam berupa angin yang bertiup di atas lautan dan menimbulkan gelombang beserta arus laut sehingga mempunyai kekuatan untuk mengikis daerah pantai. Selain faktor alam, abrasi juga disebabkan oleh faktor manusia, misalnya, penambangan pasir. Penambangan pasir sangat berperan banyak terhadap abrasi pantai, baik di daerah tempat penambangan pasir maupun di daerah sekitarnya karena terkurasnya pasir laut akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan arah arus laut yang menghantam pantai. Dengan demikian, abrasi dapat terjadi karena faktor alam dan faktor manusia.

9. Isi paragraf tersebut mengandung hubungan kausalitas dengan pola kerangka....

A. sebab-sebab-akibat

B. akibat-sebab-sebab

C. akibat-sebab-akibat

D. sebab-akibat-sebab

E. sebab-akibat-akibat

10. Paragraf tersebut termasuk struktur eksplanasi bagian....

A. penyataan umum

B. deret penjelas

C. interpretasi

D. orientasi

E. pengertian umum

Anak Jalanan

Anak jalanan secara fisik dan psikis belum dapat dikatakan dewasa. Mereka biasanya menghabiskan waktunya di jalanan dengan melakukan berbagai kegiatan yang dapat mendatangakan uang, seperti mengamen, meminta-minta, menjadi tukang parkir, menjadi tukang koran, bahkan ada yang mencopet.

Banyak faktor yang menyebabkan anak-anak terjerumus dalam kehidupan di jalanan. Tekanan kemiskinan merupan salah satu penyebab utama adanya anak jalanan. Untuk memenuhi keuangan keluarga, orang tua mendorong anaknya untuk membantu mencari nafkah, misalnya mengamen di persimpangan jalan. Bagi keluarga miskin, anak dianggap aset menambah pengahsilan keluarga.

Oleh karna itu, tidak sedikit anak-anak dieksploitasi sedemikian rupa dengan cara meminta-minta di jalanan.

Penyebab lainya adalah ketidakharmonisan rumah tangga orang tua. Pada keluarga seperti ini, anak serng menjadi korban penelantaran karena kurang perhatian. Akibatnya, anak-anak berusaha untuk memenuhi keinginannya dengan caranya sendiri. Dalam hal ini, banyak anak yang ikut hidup di jalan karena pengaruh teman sebayanya.

Faktor lain yang muncul akibat ketidakharmonisan rumah tangga orang tua adalah adanya kekerasan terhadap anak. Hubungan antara anak dan orang tua menjdi renggang. Anak tidak kerasan tinggal di rumah sehingga dia mencari perlindungan kepada siapa saja yang dianggap nyaman, salah satunya adalah dengan mereka yang sudah hidup di jalanan.

11. Menurut teks tersebut, urutan terjadinya anak jalanan tergambar dalam sekema berikut....

A. Tekanan ekonomi - ketidakharmonisan orang tua – anak jalanan.

B. Ketidakharmonisan orang tua – tindak kekerasan – anak jalanan.

C. Tekanan ekonomi – anak jalanan – ketidakharmonisan orang tua.

D. Tekanan ekonomi – anak jalanan – ketidakharmonisan orang tua.

E. Tekanan ekonomi – anak jalanan – ketidakharmonisan orang tua.

12. Pada paragraf kedua, terdpat konjungsi yang menyatakan akibat, yaitu....

A. menyebabkan

B. penyebab

C. untuk

D. bagi

E. oleh karena itu

13. Teks yang berisi langkah-langkah ....

A. Usul

B. Akta

C. Prosedur

D. Proposal

E. Laporan

14. Teks berikut yang berisi prosedur adalah....

A. Burung merpati adalah satu hewan dalam kelas aves yang paling banyak tersebar di dunia. Hampir di seluruh bagian dunia, kecuali Antartika, dapat ditemukan burung merpati. Hal ini disebabkan kemampuan adaptasi hewan ini yang sangat sempurna.

B. Burung gereja beterbangan di antara dedaunan pohon akasia. Sesekali, terdengar cicit mereka. Suara klakson dan deru mobil mahasiswa satu demi satu mulai beranjak pulang.

C. Telepon merupakan sarana untuk berkomunikasi. Cara menelepon yang menyenangkan dan efisien sangat diharapkan oleh semua kalangan. Sikap ramah dan hormat dalam bertelepon perlu diperhatikan.

D. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Ia tidak hanya dilengkapi dengan anggota tubuh yang indah, tetapi juga kemampuan untuk berpikir. Kemampuan inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya.

E. Pemerintah perlu membuat aturan yang mencerminkan budaya lokal. Sebuah aturan yang tidak bertentangan dengan norma masyarakat

Pernahkah Anda menghadapi situasi tertentu dengan persaan takut? Bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa jurus untuk mengatasi rasa takut tersebut. Pertama, persiapkan diri Anda sebaik mungkin apabila mengahadapi situasi tertentu.

Kedua, pelajari situasi tersebit dengan baik. Ketiga, pupuk dan binalah rasa percaya diri Anda. Keempat, setelah muncul percaya diri, pertebal keyakinan Anda. Terakhir, kita perlu belajar dan berlatih sungguh-sungguh untuk menambah kecakapan kita.

15. Teks tersebut berisi prosedur tentang....

A. proses menghilangakn rasa takut

B. tips mengatasi rasa takut

C. jurus keluar dari rasa takut

D. langkah-langkah rasa takut

E. cara menghindari rasa takut"

Perhatikan kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 16 dan 17.


...

Setelah dibakar, hiaslah. Dalam pengilapan, benda tersebut disalut (dilapisi ) dengan cairan yang disebut glastur, lalu dibakar lagi. Glastur meleleh menjadi lapisan kaca yang membuat benda itu tampak mengilap dan kedap air. Tembikar dihiasi dengan gambar-gambar sebelum atau sesudah pengglasturan.

16. Teks tersebut merupakan stuktur prosedur bagian...

A. Pernyataan umum.

B. Pengertian umum.

C. Pembuka sebuah prosedur.

D. Langkah – langkah

E. Penutup sebuah teks

17. Agar menjadi prosedur yang lengkap, informasi yang paling tepat untuk mengawali teks tersebut adalah....

A. sejarah asal muasal tembikar

B. proses pembuatan tembikar

C. penjelasan negara asaltembikar

D. definisi umum tentang tembikar

E. bahan – bahan untuk memproduksi tembikar

18. Membuat Puding Kelapa Muda

(1) Sediakan gula, santan, kelapa muda, vanili dan telur, lalu kocok.

(2) [....]

(3) Setelah mendidih, masukan agar-agar dan aduk secara perlahan.

(4) Biarkan sampai mendidih kembali, lalu angkat.

(5) Lalu, tuang adonan tersebut ke dalam cetakan.

Kalimat yang tepat untuk bagian yang rumpang petunjuk tersebut adalah....

A. Biarkan dingin dalam lemari es.

B. Masak air sampai mendidih.

C. Masak adonan dengan api sedang.

D. Biarkan mengeras, kemudian sajikan.

E. Biarkan 15 menit sampai mendidih.

19. Petunjuk Mengatasi Batuk dan Pilek

(1)Masukkan 1 gelas air panas, persan air jeruk, madu, dan garam ¾ sendok teh.

(2)Tumbuklah ½ jari rimpang kencur hingga halus

(3)Selanjutnya, aduklah hingga rata.

(4)Campur dengan beras giling secukupnya.

(5)Saringlah, lalu minumlah campuran tersebut pada pagi hari.

Susunan petunjuk yang tepat untuk kalimat-kalimat tersebut adalah...

A.(2), (3), (1), (5), (4)

B.(1), (2), (3), (4), (5)

C.(2), (4), (1), (3), (5)

D.(1), (3), (2), (5), (4)

E.(1), (3), (2), (4), (5)

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 20-21

Jeruk nipis memiliki manfaat untuk menyehatkan rambut. (2) Sudah sejak lama, jeruk nipis digunakan sebagai bahan campuran sampo. (3) Jeruk nipis juga ternyata bisa mnghilangkan ketombe. (4) Caranya adalah sebagai berikut. (5) Siapkan dua buah jeruk nipis yang masing-masing dipotong tiga. (6) Gosokkan potongan jeruk nipis terebut pada kulit kepala dan rambut sampai rata hingga ke seluruh bagian rambut. (7) Setelah itu, bungkus kepala dengan handuk, lalu biarkan hingga satu malam. (8) Keesokan harinya, keramas dan bilas rambut yang tlah digosok potongan jeruk nipis tersebut hingga tidak tersisa serpihan jeruk di rambut. (9) Lakukan cara ini hingga tiga kali untuk mendapatkan hasil yang maksilmal.

20. Bukti teks tersbut merupakan prosedur adalah didahului dengan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat....

A. 1,2,3,4

B. 4,5,6,7

C. 4,5,6,7,8

D. 5,6,7,8,9

E. 9


21. Informasi yang tidak terdapat pada teks prosedur tersebut adalah ....

A. Jeruk dapat menyehatkan rambut.

B. Jeruk nipis dapat menghilangkan ketombe di rambut.

C. Jeruk nipis dapat digunakan sebagai bahan pencampur sampo.

D. Jeruk nipis mengandung manfaat untuk menyehatkan rambut.

E. Rambut yang berketombe dapat diobati menggunakan jeruk nipis.

22. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!

Aku tak bisa diam, setengah tahun aku ditempatkan di sekolah ini pengelolaan BK aku ubah secara mendasar. Mulai administrasi, cara penanganan siswa, termasuk ruang konsultasi siswa. Namun, langkahku membuat lukman terusik, terutama dalam kasus Diah telah banyak menerima penderitaan, anakitu perlu bimbingan dan kasih sayang bukan penghakiman.

Tema dalam cerpen tersebut adalah ….

A. kehidupan seorang guru BK di sekolah

B. kesedihan seorang guru BK melihat kondisi siswanya

C. keinginan seorang guru BK untuk melaksanakan tuganya dengan baik

D. seorang guru BK yang ingin membantu mengatasi masalah siswanya

E. memerlukan penanganan khusus

23. Berdasarkan kutipan tersebut, tema cerpen termasuk masalah….

A. kemanusiaan

B. masalah pendidikan

C. kehidupan sosial

D. permasalahan ekonomi

E. kemiskinan

24. Tema yang merupakan cabang permasalahan pokok, wujudnya dapat berupa akibat lebih lanjut yang ditimbulkan oleh tema pokok, disebut...

A. tema mayor

B. tema besar

C. tema minor

D. tema luas

E. tema inti

25. Perkenalan, ...., perumitan, klimaks, peleraian, dan penyelesaian. Bagian alur yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas, yaitu....

A. pendahuluan

B. eksposisi

C. pertikaian

D. penjelasan

E. antiklimaks

26. Cara pengarang penyampaian tema cerpen adalah ….

A. melalui kisah hidup tokoh

B. narasi langsung oleh pengarang

C. melalui dialog

D. pendapat tokoh dalam cerita

E. melalui prolog

27. Resolusi pada teks cerpen adalah tahapan di mana ...

A. pengarang menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca

B. berbagai kerumitan bermunculan

C. konflik mencapai tingkat intensitas tertinggi

D. nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca

E. konflik mencapai sebuah selesaian atau leraian

28. Dalam teks cerpen, struktur yang bersifat opsional adalah ...

A. abstrak dan evaluasi

B. abstrak dan orientasi

C. koda dan resolusi

D. koda dan abstrak

E. evaluasi dan koda

29. Pengarang menuturkan cerita dirinya sendiri, dengan pelaku aku/orang pertama tunggal/jamak, berarti kedudukan pengarang dalam cerpen tersebut sebagai...

A. tokoh bawahan

B. tokoh pengamat

C. campuran

D. pendamping

E. tokoh utama

30. Pengarang langsung menceritakan watak tokoh. Hal ini merupakan pelukisan watak tokoh secara....

A. dramatik

B. analitik

C. campuran

D. intrinsik

E. ekstrinsik

31. Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan ciri cerpen adalah....

A. Habis dibaca sekali duduk

B. Sumber cerita dari kehidupan sehari-hari

C. Tokoh tidak mengalami perubahan nasib

D. Melukiskan seluruh kehidupan tokoh

E. Meninggalkan kesan mendalam

32. Pada teks cerpen, pembaca dapat mengetahu karakter atau watak pelaku cerita dalam ...

A. Komplikasi

B. abstrak

C. orientasi

D. evaluasi

E. koda

33. Bentuk alur sorot balik digunakan apabila pengarang bermaksud....

A. membayangkan cerita mendatang

B. mengemukakan khayalan-khayalan

C. menerangkan cerita yang sedang terjadi

D. menerangkan peristiwa masa lalu dengan ragaan

E. menerangkan peristiwa yang benar-benar terjadi

34. Nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks cerpen terdapat dalam struktur ...

A. abstrak

B. evaluasi

C. resolusi

D. komplikasi

E. koda

35. Alur yang urutan peristiwa ceritanya tidak kronologis atau tidak berurutan disebut dengan ...

A. Alur progresif

B. alur regresif

C. alur campuran

D. alur gabungan

E. alur seragam

36. salah satu ciri alur cerpen yang baik adalah ….

A. memuat banyak konflik

B. berkembang sesuai dengan cerita

C. alur mengalir secara dramatik memuat masalah yang dibahas dari awal hingga akhir cerita secara

konsisten

D. harus memuat masalah kemanusiaan

E. memuat kehidupan masa lampau

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab nomor 37-40! Setibanya Pak Usman di restoran kecil sepulang dari sekolah, Larasati segera memulai pembicaraan. “Sebelum membicarakan soal Diah, saya perlu menjelaskan mengapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah karena saya ingin bicarakan adalah masalah yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaa, bukan kedinasan” “Maksud ibu apa? Saya khawatir, keinginan bapak untuk menghabisi Diah itu karena kebencian bapak terhadap saya. Selama ini orang kan tahu saya sangat perhatian terhadap Diah. Dia anak yang lemah Pak, sudah mengalami berbagai cobaan hidup, sering murung karena menerima beban yang terlalu banyak dalam hidupnya.

37. Sifat tokoh Larasati berdasarkan kutipan di atas adalah …

A. sabar dan penyayang

B. angkuh dan disiplin

C. tegas dan pemberani

D. penuh perhatiaan dan tegas

E. angkuh dan pemberani

38. Karakter tokoh pak Usman dalam kutipan cerpen tersebut memiliki sifat ….

A. pendendam

B. keras kepala dan mudah marah

C. tidak bisa membedakan urusan dinas dan pribadi

D. ingin menang sendiri

E. pemurah

39. Gambaran karakter tokoh Diah dalam cerpen tersebut adalah …

A. kuat menerima cobaan

B. mudah putus asa

C. lemah dan penuh penderitaan

D. trauma dalam menjalani kehidupan

E. sedih dan terharu

40. Kedudukan tokoh pak Usman dan Larasati dalam kutipan cerpen di atas adalah ….

A. tokoh antagonis, tokoh penengah

B. tokoh protagonis, tokoh penengah

C. tokoh antagonis, tokoh protagonis

D. tokoh protagonis, tokoh protagonis

E. tokoh antagonis, tokoh antagonis

Postingan populer dari blog ini

MENGURAI GLOBALISASI: WUJUD BUDAYA DAN PERUBAHAN SOSIAL DI JABODETABEK

A. PENGERTIAN GLOBALISASI Pengaruh globalisasi dalam dunia yang semakin terhubung secara global telah menjadi perhatian utama dalam berbagai bidang. Dalam era globalisasi ini, batasan-batasan geografis semakin terkikis, memberikan ruang bagi pertukaran informasi, ide, produk, dan budaya yang lebih intensif dan cepat. Fenomena ini tidak hanya membawa manfaat yang signifikan, tetapi juga menimbulkan tantangan dan perdebatan yang kompleks. Menurut Anthony Giddens, globalisasi adalah proses di mana dunia semakin terhubung melalui pertukaran informasi, ide, produk, dan budaya secara global. Ia berpendapat bahwa globalisasi melibatkan percepatan interaksi dan interdependensi antara negara-negara, serta melampaui batasan-batasan geografis dan politik. Giddens juga menekankan bahwa globalisasi memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk ekonomi, politik, sosial, dan budaya (Giddens, 19

TUGAS GEOGRAFI KELAS X SMA BAB HIDROSFER

PERTANYAAN   Jelaskan aktivitas manusia (minimal 3) yang dapat mengganggu proses siklus hidrologi serta dampak yang ditimbulkannya.   JAWABAN   Kegiatan manusia yang memengaruhi siklus air adalah penebangan hutan secara liar. Pembukaan lahan untuk pertanian dan perkebunan. Pembangunan perumahan dan perindustrian. Pembangunan jalan tol dan jalan raya di perkotaan dan desa.   Penebangan hutan liar yang menyebabkan banyaknya lahan kosong sehingga air yang turun tidak terserap oleh tanah. Pembangunan jalan dengan menggunakan aspal dan beton untuk membuat jalan tol dan jalan raya. Aspal dan beton menghalangi air untuk meresap ke dalam tanah. Pembakaran hutan yang dapat menyebabkan struktur tanah dan juga tandus. Tidak menanami lahan-lahan yang kosong dengan tanaman, tetapi mengubah lahan-lahan tersebut menjadi daerah pemukiman. Berkurangnya daerah resapan air di daerah perkotaan sehingga mengakibatkan sungai, danau, dan daerah penampungan air menjadi kering. Apabila kering, maka men

TRANSFORMASI DAN ADAPTASI MASYARAKAT PESISIR INDONESIA

A. PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL DAN MASYARAKAT PESISIR Dalam era yang terus berkembang ini, perubahan sosial menjadi fenomena yang tidak dapat dihindari. Perubahan tersebut melibatkan berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam konteks masyarakat pesisir Indonesia. Sebagai negara maritim dan kepulauan terbesar di dunia, pemahaman yang mendalam tentang perubahan sosial pada masyarakat pesisir menjadi sangat penting. Jan Flora dan Arnold P. Goldsmith menggambarkan perubahan sosial sebagai dinamika sosial dan transformasi struktur sosial yang melibatkan perubahan dalam pola hidup, mata pencaharian, dan pola kekerabatan dalam masyarakat (Flora & Goldsmith, 2003). Dalam konteks masyarakat pesisir, perubahan sosial dapat mencakup pergeseran dalam mata pencaharian dari perikanan tradisional ke sektor pariwisata atau industri lainnya, serta perubahan dalam struktur keluarga dan pola kekerabatan yang dap