Langsung ke konten utama

SOAL POSTES CERPEN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA

SOAL REMEDIAL POSTES bahasa indonesia by zahirah_andi

Pilihlah jawaban yang paling tepat !

1. Pengarang menuturkan cerita dirinya sendiri, dengan pelaku aku/orang pertama tunggal/jamak, berarti kedudukan pengarang dalam cerpen tersebut sebagai...
a. tokoh bawahan
b. tokoh pengamat
c. campuran
d. pendamping
e. tokoh utama


2. Tema yang merupakan cabang permasalahan pokok, wujudnya dapat berupa akibat lebih lanjut yang ditimbulkan oleh tema pokok, disebut...
a. tema mayor
b. tema besar
c. tema minor
d. tema luas
e. tema inti

3. Hubungan peristiwa satu dengan lainnya sangat erat, padu, sehingga tidak mungkin ada bagian cerita yang dapat diambil. Pernyataan tersebut disebut....
a. plot erat
b. plot longgar
c. plot tunggal
d. plot ganda
e. plot campuran

4. Pengarang langsung menceritakan watak tokoh. Hal ini merupakan pelukisan watak tokoh secara....
a. dramatik
b. analitik
c. campuran
d. intrinsik
e. ekstrinsik

5. Bentuk alur sorot balik digunakan apabila pengarang bermaksud....
a. membayangkan cerita mendatang
b. mengemukakan khayalan-khayalan
c. menerangkan cerita yang sedang terjadi
d. menerangkan peristiwa masa lalu dengan ragaan
e. menerangkan peristiwa yang benar-benar terjadi

6. Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan ciri cerpen adalah....
a. Habis dibaca sekali duduk
b. Sumber cerita dari kehidupan sehari-hari
c. Tokoh tidak mengalami perubahan nasib
d. Melukiskan seluruh kehidupan tokoh
e. Meninggalkan kesan mendalam

7. Pengarang melukiskan watak tokoh dengan tidak langsung, tetapi melalui gambaran tempat tinggal, lingkungan, percakapan antartokoh dan perbuatan. Berarti pelukisan watak tokoh tersebut dengan cara...
a. analitik
b. campuran
c. dramatik
d. simbolik
e. fantastik

8. Pengarang sebagai orang yang berada di luar cerita dan tidak terlibat dalam cerita, dengan menggunakan pelaku utama ia/dia. Kedudukan pengarang dalam cerita tersebut sebagai....
a. tokoh utama
b. tokoh bawahan
c. tokoh figuran
d. tokoh protagonis
e. pengamat

9. Perkenalan, ...., perumitan, klimaks, peleraian, dan penyelesaian.
Bagian alur yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas, yaitu....
a. pendahuluan
b. eksposisi
c. pertikaian
d. penjelasan
e. antiklimaks

10. Dalam cerpen tokoh-tokohnya dilukiskan mengalami konfliks sampai pada....
a. penyelesaian
b. perubahan nasib
c. meninggal
d. klimaks
e. perumitan

11. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Aku tak bisa diam, setengah tahun aku ditempatkan di sekolah ini pengelolaan BK aku ubah secara mendasar. Mulai administrasi, cara penanganan siswa, termasuk ruang konsultasi siswa. Namun, langkahku membuat lukman terusik, terutama dalam kasus Diah telah banyak menerima penderitaan, anakitu perlu bimbingan dan kasih sayang bukan penghakiman.
Tema dalam cerpen tersebut adalah ….
a. kehidupan seorang guru BK di sekolah
b. kesedihan seorang guru BK melihat kondisi siswanya
c. keinginan seorang guru BK untuk melaksanakan tuganya dengan baik
d. seorang guru BK yang ingin membantu mengatasi masalah siswanya
e. memerlukan penanganan khusus

12. Berdasarkan kutipan tersebut, tema cerpen termasuk masalah adalah ….
a. kemanusiaan
b. masalah pendidikan
c. kehidupan sosial
d. permasalahan ekonomi
e. kemiskinan


13. Cara pengarang penyampaian tema cerpen adalah ….
a. melalui kisah hidup tokoh
b. narasi langsung oleh pengarang
c. melalui dialog
d. pendapat tokoh dalam cerita
e. melalui prolog

14. Tema yang terdapat dalam cerpen termasuk jenis tema ….
a. mayor
b. minor
c. sampingan
d. tunggal
e. ganda

15. salah satu ciri alur cerpen yang baik adalah ….
a. memuat banyak konflik
b. berkembang sesuai dengan cerita
c. alur mengalir secara dramatik memuat masalah yang dibahas dari awal hingga akhir cerita secara konsisten
d. harus memuat masalah kemanusiaan
e. memuat kehidupan masa lampau

16. Pada tahapan yang penulis mulai memperkenalkan masalah yang akan dihadapi oleh tokoh utamanya disebut alur dalam tahapan ….
a. perkenalan
b. pemunculan masalah
c. menuju konflik
d. ketegangan
e. penyelesaian

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab nomor 17-20!

Setibanya Pak Usman di restoran kecil sepulang dari sekolah, Larasati segera memulai pembicaraan. “Sebelum membicarakan soal Diah, saya perlu menjelaskan mengapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah karena saya ingin bicarakan adalah masalah yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaa, bukan kedinasan” “Maksud ibu apa? Saya khawatir, keinginan bapak untuk menghabisi Diah itu karena kebencian bapak terhadap saya. Selama ini orang kan tahu saya sangat perhatian terhadap Diah. Dia anak yang lemah Pak, sudah mengalami berbagai cobaan hidup, sering murung karena menerima beban yang terlalu banyak dalam hidupnya.

17. Sifat tokoh Larasati berdasarkan kutipan di atas adalah …
a. sabar dan penyayang
b. angkuh dan disiplin
c. tegas dan pemberani
d. penuh perhatiaan dan tegas
e. angkuh dan pemberani

18. Karakter tokoh pak Usman dalam kutipan cerpen tersebut memiliki sifat ….
a. pendendam
b. keras kepala dan mudah marah
c. tidak bisa membedakan urusan dinas dan pribadi
d. ingin menang sendiri
e. pemurah

19. Gambaran karakter tokoh Diah dalam cerpen tersebut adalah …
a. kuat menerima cobaan
b. mudah putus asa
c. lemah dan penuh penderitaan
d. trauma dalam menjalani kehidupan
e. sedih dan terharu

20. Kedudukan tokoh pak Usman dan Larasati dalam kutipan cerpen di atas adalah ….
a. tokoh antagonis, tokoh penengah
b. tokoh protagonis, tokoh penengah
c. tokoh antagonis, tokoh protagonis
d. tokoh protagonis, tokoh protagonis
e. tokoh antagonis, tokoh antagonis

21. Pada teks cerpen, pembaca dapat mengetahu karakter atau watak pelaku cerita dalam ...

a. Komplikasi

b. abstrak

c. orientasi

d. evaluasi

e. koda

22. Resolusi pada teks cerpen adalah tahapan di mana ...

a. pengarang menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca

b. berbagai kerumitan bermunculan

c. konflik mencapai tingkat intensitas tertinggi

d. nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca

e. konflik mencapai sebuah selesaian atau leraian

23. Dalam teks cerpen, struktur yang bersifat opsional adalah ...

a. abstrak dan evaluasi

b. abstrak dan orientasi

c. koda dan resolusi

d. koda dan abstrak

e. evaluasi dan koda

24. Nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks cerpen terdapat dalam struktur ...

a. abstrak

b. evaluasi

c. resolusi

d. komplikasi

e. koda

25. Alur yang urutan peristiwa ceritanya tidak kronologis atau tidak berurutan disebut dengan ...

a. Alur progresif

b. alur regresif

c. alur campuran

d. alur gabungan

e. alur seragam

Postingan populer dari blog ini

Making a Living

Dalam hidup, kita sering bertemu dengan permasalahan yang bernada ekonomis. Mengenai pilihan, profit, uang, dsb. Setiap masyarakat memiliki caranya masing-masing dalam menghadapi hal ini. Tentunya hal tersebut berpengaruh dan dipengaruhi oleh masing-masing budaya masyarakat. Oleh karena itu, antropologi juga membahas mengenai permasalahan yang bersifat ekonomis. How do people make a living in diverse types of societies? Adaptive Strategies Cohen menyebut adaptive strategis sebagai cara utama manusia dalam bagaimana sistem utama mereka dalam menjalankan produktivitas. Produktivitas di sini yang dimaksud ialah mencari makanan. Ia membaginya menjadi 5 strategi utama, yaitu foraging; horticultural; agriculture; pastoralism; industrialism. Empat strategi pertama merupakan hal yang menarik untuk diulas lebih lanjut karena terkesan lebih ‘jauh’ dari kehidupan modern. Foraging Foraging merupakan taktik yang paling pertama yang dilakukan oleh manusia. Sampai sekitar 12.000 tahun...

LKPD GAYA BELAJAR

Topik : Gaya Belajar Kelas : XI IPA/IPS Bidang Bimbingan : Bimbingan Belajar Tujuan : 1. Mengenal dan memahami gaya belajar 2. Mengetahui macam-macam gaya belajar 3. Mengenal dan memahami strategi belajar Materi : 1. Pengertian Belajar 2. Pengertian Gaya Belajar 3. Macam-macam gaya belajar 4. Ciri-ciri gaya belajar 5. Strategi Belajar Pengertian Belajar Belajar adalah suatu proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari. Definisi belajar dapat juga diartikan sebagai segala aktivitas psikis yang dilakuka...

KOMPETENSI DASAR 3.5 BAHASA INDONESIA KELAS X SMA (TEKS ANEKDOT)

KD 3.5 MENGEVALUASI TEKS ANEKDOT DARI ASPEK MAKNA TERSIRAT Pengertian Teks Anekdot Teks anekdot merupakan sebuah karangan cerita atau kisah yang bisa jadi berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang ditulis secara singkat, pendek dan lucu tentang berbagai topik seperti pendidkan, politik, hukum, sindiran, kritikan, dan sebagainya. Dalam teks anekdot itu sendiri, perlu diketahui bahwa teks anekdot tidak hanya berisikan kisah-kisah cerita lucu semata melainkan terdapat juga amanat, pesan moral, serta ungkapan tentang suatu kebenaran secara umum. Ciri-ciri Teks Anekdot 1. Teks anekdot bersifat humor atau lelucon, artinya teks anekdot berisikan kisah-kisah lucu atau bualan. 2. Bersifat menggelitik, artinya teks anekdot akan membuat pembacanya merasa terhibur dengan kelucuan yang ada dalam teks. 3. Bersifat menyindir 4. Bisa jadi mengenai orang penting 5. Memiliki tujuan tertentu 6. Kisah cerita ya...