SOAL REMEDIAL POSTES
Pilihlah jawaban yang paling tepat !
1. Pengarang menuturkan cerita dirinya sendiri, dengan pelaku aku/orang
pertama tunggal/jamak, berarti kedudukan pengarang dalam cerpen tersebut
sebagai...
a. tokoh bawahan
b. tokoh pengamat
c. campuran
d. pendamping
e. tokoh utama
2. Tema yang merupakan cabang permasalahan pokok, wujudnya dapat berupa
akibat lebih lanjut yang ditimbulkan oleh tema pokok, disebut...
a. tema mayor
b. tema besar
c. tema minor
d. tema luas
e. tema inti
3. Hubungan peristiwa satu dengan lainnya sangat erat, padu, sehingga tidak
mungkin ada bagian cerita yang dapat diambil. Pernyataan tersebut
disebut....
a. plot erat
b. plot longgar
c. plot tunggal
d. plot ganda
e. plot campuran
4. Pengarang langsung menceritakan watak tokoh. Hal ini merupakan pelukisan
watak tokoh secara....
a. dramatik
b. analitik
c. campuran
d. intrinsik
e. ekstrinsik
5. Bentuk alur sorot balik digunakan apabila pengarang bermaksud....
a. membayangkan cerita mendatang
b. mengemukakan khayalan-khayalan
c. menerangkan cerita yang sedang terjadi
d. menerangkan peristiwa masa lalu dengan ragaan
e. menerangkan peristiwa yang benar-benar terjadi
6. Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan ciri cerpen adalah....
a. Habis dibaca sekali duduk
b. Sumber cerita dari kehidupan sehari-hari
c. Tokoh tidak mengalami perubahan nasib
d. Melukiskan seluruh kehidupan tokoh
e. Meninggalkan kesan mendalam
7. Pengarang melukiskan watak tokoh dengan tidak langsung, tetapi melalui
gambaran tempat tinggal, lingkungan, percakapan antartokoh dan perbuatan.
Berarti pelukisan watak tokoh tersebut dengan cara...
a. analitik
b. campuran
c. dramatik
d. simbolik
e. fantastik
8. Pengarang sebagai orang yang berada di luar cerita dan tidak terlibat
dalam cerita, dengan menggunakan pelaku utama ia/dia. Kedudukan pengarang
dalam cerita tersebut sebagai....
a. tokoh utama
b. tokoh bawahan
c. tokoh figuran
d. tokoh protagonis
e. pengamat
9. Perkenalan, ...., perumitan, klimaks, peleraian, dan penyelesaian.
Bagian alur yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas, yaitu....
a. pendahuluan
b. eksposisi
c. pertikaian
d. penjelasan
e. antiklimaks
10. Dalam cerpen tokoh-tokohnya dilukiskan mengalami konfliks sampai
pada....
a. penyelesaian
b. perubahan nasib
c. meninggal
d. klimaks
e. perumitan
11. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Aku tak bisa diam, setengah tahun aku ditempatkan di sekolah ini
pengelolaan BK aku ubah secara mendasar. Mulai administrasi, cara
penanganan siswa, termasuk ruang konsultasi siswa. Namun, langkahku membuat
lukman terusik, terutama dalam kasus Diah telah banyak menerima
penderitaan, anakitu perlu bimbingan dan kasih sayang bukan penghakiman.
Tema dalam cerpen tersebut adalah ….
a. kehidupan seorang guru BK di sekolah
b. kesedihan seorang guru BK melihat kondisi siswanya
c. keinginan seorang guru BK untuk melaksanakan tuganya dengan baik
d. seorang guru BK yang ingin membantu mengatasi masalah siswanya
e. memerlukan penanganan khusus
12. Berdasarkan kutipan tersebut, tema cerpen termasuk masalah adalah ….
a. kemanusiaan
b. masalah pendidikan
c. kehidupan sosial
d. permasalahan ekonomi
e. kemiskinan
13. Cara pengarang penyampaian tema cerpen adalah ….
a. melalui kisah hidup tokoh
b. narasi langsung oleh pengarang
c. melalui dialog
d. pendapat tokoh dalam cerita
e. melalui prolog
14. Tema yang terdapat dalam cerpen termasuk jenis tema ….
a. mayor
b. minor
c. sampingan
d. tunggal
e. ganda
15. salah satu ciri alur cerpen yang baik adalah ….
a. memuat banyak konflik
b. berkembang sesuai dengan cerita
c. alur mengalir secara dramatik memuat masalah yang dibahas dari awal
hingga akhir cerita secara konsisten
d. harus memuat masalah kemanusiaan
e. memuat kehidupan masa lampau
16. Pada tahapan yang penulis mulai memperkenalkan masalah yang akan
dihadapi oleh tokoh utamanya disebut alur dalam tahapan ….
a. perkenalan
b. pemunculan masalah
c. menuju konflik
d. ketegangan
e. penyelesaian
Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab nomor 17-20!
Setibanya Pak Usman di restoran kecil sepulang dari sekolah, Larasati
segera memulai pembicaraan. “Sebelum membicarakan soal Diah, saya perlu
menjelaskan mengapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah karena
saya ingin bicarakan adalah masalah yang harus diselesaikan dengan kacamata
kemanusiaa, bukan kedinasan” “Maksud ibu apa? Saya khawatir, keinginan
bapak untuk menghabisi Diah itu karena kebencian bapak terhadap saya.
Selama ini orang kan tahu saya sangat perhatian terhadap Diah. Dia anak
yang lemah Pak, sudah mengalami berbagai cobaan hidup, sering murung karena
menerima beban yang terlalu banyak dalam hidupnya.
17. Sifat tokoh Larasati berdasarkan kutipan di atas adalah …
a. sabar dan penyayang
b. angkuh dan disiplin
c. tegas dan pemberani
d. penuh perhatiaan dan tegas
e. angkuh dan pemberani
18. Karakter tokoh pak Usman dalam kutipan cerpen tersebut memiliki sifat
….
a. pendendam
b. keras kepala dan mudah marah
c. tidak bisa membedakan urusan dinas dan pribadi
d. ingin menang sendiri
e. pemurah
19. Gambaran karakter tokoh Diah dalam cerpen tersebut adalah …
a. kuat menerima cobaan
b. mudah putus asa
c. lemah dan penuh penderitaan
d. trauma dalam menjalani kehidupan
e. sedih dan terharu
20. Kedudukan tokoh pak Usman dan Larasati dalam kutipan cerpen di atas
adalah ….
a. tokoh antagonis, tokoh penengah
b. tokoh protagonis, tokoh penengah
c. tokoh antagonis, tokoh protagonis
d. tokoh protagonis, tokoh protagonis
e. tokoh antagonis, tokoh antagonis
21. Pada teks cerpen, pembaca dapat mengetahu karakter atau watak pelaku cerita dalam ...
a. Komplikasi
b. abstrak
c. orientasi
d. evaluasi
e. koda
22. Resolusi pada teks cerpen adalah tahapan di mana ...
a. pengarang menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca
b. berbagai kerumitan bermunculan
c. konflik mencapai tingkat intensitas tertinggi
d. nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca
e. konflik mencapai sebuah selesaian atau leraian
23. Dalam teks cerpen, struktur yang bersifat opsional adalah ...
a. abstrak dan evaluasi
b. abstrak dan orientasi
c. koda dan resolusi
d. koda dan abstrak
e. evaluasi dan koda
24. Nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks cerpen terdapat dalam struktur ...
a. abstrak
b. evaluasi
c. resolusi
d. komplikasi
e. koda
25. Alur yang urutan peristiwa ceritanya tidak kronologis atau tidak berurutan disebut dengan ...
a. Alur progresif
b. alur regresif
c. alur campuran
d. alur gabungan
e. alur seragam