1. Kegiatan promosi harus memerhatikan beberapa hal, yaitu sebagai berikut, kecuali …
masa tahapan siklus produksi
b. jumlah dana yang tersedia untuk promosi
c. sifat konsumen yang akan dilayani
d. konsumen yang ingin dituju
e. sifat atau ciri khusus produk yang dihasilkan
Jawaban: c. sifat konsumen yang akan dilayani
2. Berikut bukan termasuk jenis tanaman umbi-umbian, yaitu ….
a. singkong
b. blewah
c. ganyong
d. talas
e. muntul
Jawaban: b. blewah
3. Teknik budi daya tanaman pangan jika menggunakan pestisida harus memerhatikan hal-hal tersebut, kecuali …
a. tepat harga
b. tepat mutu
c. alat aplikasi
d. tepat konsentrasi
e. tepat sasaran
Jawaban: a. tepat harga
4. Segala tanaman penghasil biji-bijian yang didalamnya terkandung karbohidrat dan protein disebut….
a. serealia
b. biji-bijian
c. umbi-umbian
d. buah-buahan
e. sayur-mayur
Jawaban: b. biji-bijian
5. Memberikan nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman merupakan tujuan dari ….
a. pembibitan
b. pengolahan tanah
c. pemupukan
d. pembumbunan
e. penyulaman
Jawaban: c. pemupukan
6. Penyulaman, penyiraman, dan pembubunan dalam budi daya tanaman pangan termasuk kegiatan…
a. pemupukan
b. persiapan benih
c. pemeliharaan
d. penanaman
e. pengolahan lahan
Jawaban: c. pemeliharaan
7. Pemberian pestisida harus diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan, standar tumbuh tanaman , serta kondisi lapangan yang tepat. Artinya, harus memenuhi standar tepat ….
a. waktu
b. dosis
c. sasaran
d. konsentrasi
e. cara aplikasi
Jawaban: a. waktu
8. Agar struktur tanah menjadi gembur, beraerasi baik, dan penakaran dapat berkembang secara optimal, hal yang perlu diperhatikan, yaitu ….
a. pembibitan
b. penyiapan media tanam
c. pengairan
d. pemupukan
e. pengendalian hama terpadu
Jawaban: b. penyiapan media tanam
9. Ada beberapa alasan pengusaha memilih perantara dalam mendistribusikan produk budi daya tanaman pangan antara lain sebagai berikut, kecuali …
a. efisiensi kerja
b. pertimbangan dana dan personalia penjualan
c. sarana transportasi dan komunikasi
d. keadaan prasarana daerah pemasaran setempat
e. pengetahuan dan pengalaman menangani daerah pemasaran setempat
Jawaban: c. sarana transportasi dan komunikasi
10. Berikut bukan termasuk ciri-ciri tanaman pangan, yaitu ….
a. dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan lain-lain
b. buah atau hasilnya dapat dimakan
c. dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh sebagai sumber tenaga
d. masa tumbuhnya singkat
e. merupakan tumbuhan tahunan
Jawaban: e. merupakan tumbuhan tahunan
A. PENGERTIAN GLOBALISASI Pengaruh globalisasi dalam dunia yang semakin terhubung secara global telah menjadi perhatian utama dalam berbagai bidang. Dalam era globalisasi ini, batasan-batasan geografis semakin terkikis, memberikan ruang bagi pertukaran informasi, ide, produk, dan budaya yang lebih intensif dan cepat. Fenomena ini tidak hanya membawa manfaat yang signifikan, tetapi juga menimbulkan tantangan dan perdebatan yang kompleks. Menurut Anthony Giddens, globalisasi adalah proses di mana dunia semakin terhubung melalui pertukaran informasi, ide, produk, dan budaya secara global. Ia berpendapat bahwa globalisasi melibatkan percepatan interaksi dan interdependensi antara negara-negara, serta melampaui batasan-batasan geografis dan politik. Giddens juga menekankan bahwa globalisasi memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk ekonomi, politik, sosial, dan budaya (Giddens, 19