Langsung ke konten utama

PEMBERONTAKAN DI INDONESIA

Pemberontakan Gerakan Aceh Merdeka

Penyebab peristiwa : Terdapat Oknum yang ada di Provinsi Aceh yang menginginkan Aceh menjadi negara yang berdiri sendiri.

Bagaimana pendapat kalian untuk mencegah dan mengatasinya :

Menurut saya, Gerakan ini sangat berbahaya bagi kesatuan NKRI, dan gerakan gerakan semacam ini harus cepat dibasmi agar tidak ada potensi provinsi lain ikut memberontak.

Cara Mengatasi : Melakukan Musyawarah mufakat antara pemerintah dengan masyarakat Aceh atau melalui Jalur Militer.

Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Penyebab peristiwa : OPM merasa bahwa mereka tidak memiliki hubungan sejarah bagian Indonesia maupun negara-negara Asia lainnya. Penyatuan wilayah ini ke dalam NKRI sejak tahun 1969 merupakan buah perjanjian antara Belanda dengan Indonesia, dimana pihak Belanda menyerahkan wilayah tersebut yang selama ini dikuasainya kepada bekas jajahannya yang merdeka, Indonesia.

Perjanjian tersebut oleh OPM dianggap sebagai penyerahan dari tangan satu penjajah kepada yang lain. Bisa saja penyebab adanya pemberontakan adalah ketidakpuasan masyarakat daerah Papua atas kebijakan pemerintah yang dirasa kurang adil.

Bagaimana pendapat kalian untuk mencegah dan mengatasinya :

Untuk mengatasinya pemerintah bisa untuk lebih memperhatikan daerah-daerah yang mungkin terabaikan selama ini baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

Pemberontakan Gerakan Aceh Merdeka

Penyebab peristiwa : Terdapat Oknum yang ada di Provinsi Aceh yang menginginkan Aceh menjadi negara yang berdiri sendiri.

Bagaimana pendapat kalian untuk mencegah dan mengatasinya :

Menurut saya, Gerakan ini sangat berbahaya bagi kesatuan NKRI, dan gerakan gerakan semacam ini harus cepat dibasmi agar tidak ada potensi provinsi lain ikut memberontak.

Cara Mengatasi : Melakukan Musyawarah mufakat antara pemerintah dengan masyarakat Aceh atau melalui Jalur Militer.

Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Penyebab peristiwa : OPM merasa bahwa mereka tidak memiliki hubungan sejarah bagian Indonesia maupun negara-negara Asia lainnya. Penyatuan wilayah ini ke dalam NKRI sejak tahun 1969 merupakan buah perjanjian antara Belanda dengan Indonesia, dimana pihak Belanda menyerahkan wilayah tersebut yang selama ini dikuasainya kepada bekas jajahannya yang merdeka, Indonesia.

Perjanjian tersebut oleh OPM dianggap sebagai penyerahan dari tangan satu penjajah kepada yang lain. Bisa saja penyebab adanya pemberontakan adalah ketidakpuasan masyarakat daerah Papua atas kebijakan pemerintah yang dirasa kurang adil.

Bagaimana pendapat kalian untuk mencegah dan mengatasinya :

Untuk mengatasinya pemerintah bisa untuk lebih memperhatikan daerah-daerah yang mungkin terabaikan selama ini baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

Pemberontakan Gerakan Aceh Merdeka

Penyebab peristiwa : Terdapat Oknum yang ada di Provinsi Aceh yang menginginkan Aceh menjadi negara yang berdiri sendiri.

Bagaimana pendapat kalian untuk mencegah dan mengatasinya :

Menurut saya, Gerakan ini sangat berbahaya bagi kesatuan NKRI, dan gerakan gerakan semacam ini harus cepat dibasmi agar tidak ada potensi provinsi lain ikut memberontak.

Cara Mengatasi : Melakukan Musyawarah mufakat antara pemerintah dengan masyarakat Aceh atau melalui Jalur Militer.

Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Penyebab peristiwa : OPM merasa bahwa mereka tidak memiliki hubungan sejarah bagian Indonesia maupun negara-negara Asia lainnya. Penyatuan wilayah ini ke dalam NKRI sejak tahun 1969 merupakan buah perjanjian antara Belanda dengan Indonesia, dimana pihak Belanda menyerahkan wilayah tersebut yang selama ini dikuasainya kepada bekas jajahannya yang merdeka, Indonesia.

Perjanjian tersebut oleh OPM dianggap sebagai penyerahan dari tangan satu penjajah kepada yang lain. Bisa saja penyebab adanya pemberontakan adalah ketidakpuasan masyarakat daerah Papua atas kebijakan pemerintah yang dirasa kurang adil.

Bagaimana pendapat kalian untuk mencegah dan mengatasinya :

Untuk mengatasinya pemerintah bisa untuk lebih memperhatikan daerah-daerah yang mungkin terabaikan selama ini baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

Postingan populer dari blog ini

LKPD GAYA BELAJAR

Topik : Gaya Belajar Kelas : XI IPA/IPS Bidang Bimbingan : Bimbingan Belajar Tujuan : 1. Mengenal dan memahami gaya belajar 2. Mengetahui macam-macam gaya belajar 3. Mengenal dan memahami strategi belajar Materi : 1. Pengertian Belajar 2. Pengertian Gaya Belajar 3. Macam-macam gaya belajar 4. Ciri-ciri gaya belajar 5. Strategi Belajar Pengertian Belajar Belajar adalah suatu proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari. Definisi belajar dapat juga diartikan sebagai segala aktivitas psikis yang dilakuka...

RANGKUMAN MATERI AGAMA DAN KEBUDAYAAN

Selama ini muncul perdebatan yang terus menerus antara kelompok sosiolog-antropolog dengan kaum agamawan mengenai hubungan antara agama dan kebudayaan. Para ahli sosiologi dan antropologi berpendapat bahwa agama merupakan bagian dari kebudayaan. kebudayaan terdiri dari tujuh unsur utama yang bersifat universal yaitu (1) sistem religi dan upacara keagamaan (2) sistem dan organisasi kemasyarakatan, (3) sistem pengetahuan, (4) bahasa, (5) kesenian, (6) sistem mata pencaharian hidup, (7) sistem teknologi dan peralatan. Dari unsur utama kebudayaan terlihat adanya sistem religi. Unsur-unsur utama kebudayaan yang universal itu dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman dan situasi, dan agama merupakan unsur yang paling sulit untuk berubah. Pandangan ini menyiratkan bahwa agama merupakan bagian dari kebudayaan, oleh karenanya agama juga bisa mengalami perubahan. Konsekuensi lebih lanjut dari logika ini adalah agama merupakan hasil gagasan dan karya cipta manusia.     ...

Latihan Soal Kegiatan Distribusi dan Konsumsi

Tentukan BENAR atau SALAH pernyataan di bawah ini dan berikan alasannya! Distribusi adalah kegiatan yang ditujukan untuk menyalurkan barang dan/ atau jasa tertentu dari produsen ke konsumen. Pak Sugiono memproduksi keripik pisang, keripik pisang yang dibuat Pak Sugiono langsung dijual di pasar. Pernyataan tersebut merupakan contoh distribusi langsung. Dalam mendistribusikan perlengkapan sekolah menggunakan mata rantai jenjang ketiga (3). Faktor pasar, barang, pedagang dan kebiasaan dalam pembelian merupakan factor-faktor yang memengaruhi distribusi. Dalam proses mendistribusikan distributor tidak memiliki fungsi sebagai penanggung resiko. T...