Langsung ke konten utama

TUGAS PKN TANGGAPAN GENERASI MUDA DALAM MENJAGA PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA TENTANG PANDEMI COVID-19 DIBIDANG SOSIAL BUDAYA, KHUSUSNYA PENDIDIKAN

Pemerintah telah menyatakan wabah virus corona sebagai bencana nasional. Maka, harus ada upaya gotong royong, sinergi sumber daya dan strategi dari semua komponen bangsa menghadapi rasa cemas yang dirasakan masyarakat internasional dan tentu masyarakat Indonesia. Apalagi, dari hari ke hari, jumlah kasus positif COVID-19 terus meningkat signifikan. Catatan ini telah menimbulkan kepanikan dan silang pendapat yang ditimbulkan di luar konteks penanganan virus itu sendiri, bahkan menjadi komoditas politik dan ekonomi. Mari hilangkan pertikaian, politisasi, dan saling nyinyir seperti saat menghadapi konstestasi politik. Perang melawan virus corona adalah arena perjuangan kemanusiaan, bukan arena politik maupun ekonomi. Kita kecam oknum dari unsur mana pun yang menjadikan bencana COVID-19 sebagai komoditas politik maupun komoditas ekonomi, seperti yang dilakukan oleh oknum yang tidak memiliki empati kemanusiaan dengan memanfaatkan kepanikan masyarakat. Mari belajar dari China dan Italia dalam perang melawan COVID-19. Ketika dihantam badai Covid-19, masyarakat China saling menguatkan patuh pada instruksi pihak otoritas dengan mengatakan "Wuhan, jiayou", yang artinya "Wuhan, kamu pasti bisa". Mari jadikan musibah meluasnya pandemi virus corona sebagai momentum untuk memperkuat solidaritas sosial sesama anak bangsa dalam menghadapi beragam bencana. Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam dan keanekaragaman budaya yang harus disyukuri. Sekaligus menjadi negara paling rawan terhadap bencana di dunia berdasar data yang dikeluarkan oleh badan PBB untuk Strategi Internasional Pengurangan Risiko Bencana. Tingginya posisi Indonesia ini dihitung dari jumlah manusia yang terancam risiko kehilangan nyawa ketika terjadi bencana alam, non-alam dan bencana sosial, sementara pemahaman dan kemampuan mitigasinya masih terbatas. Pemerintah pusat dan daerah telah mengeluarkan banyak kebijakan demi mencegah penyebaran COVID-19. Salah satu kebijakan yang dapat diambil adalah meliburkan sementara proses belajar-mengajar di sekolah dan universitas serta mengimbau mereka belajar di rumah. Sebab, virus corona saat ini adalah musuh bersama yang perlu ditekan penyebarannya. Saat ini adalah waktu yang tepat melakukan aksi bela negara.

Postingan populer dari blog ini

KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA KELAS X SMA 3.10 MENGEVALUASI PENGAJUAN,PENAWARAN DAN PERSETUJUAN DALAM TEKS NEGOSIASI

3.10 MENGEVALUASI PENGAJUAN,PENAWARAN DAN PERSETUJUAN DALAM TEKS NEGOSIASI Pengertian Teks Negosiasi Teks Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Ciri-Ciri Teks Negosiasi Yang membedakan teks negosiasi dengan teks lainnya karena negosiasi mempunyai ciri-ciri diantaranya: Menghasilkan kesepakatan (yang saling menguntungkan). Mengarah pada tujuan praktis. Memprioritaskan kepentingan bersama. Merupakan sarana untuk mencari penyelesaian. Kaidah Kebahasaan Kaidah kebahasaan yang biasanya digunakan dalam teks negosiasi diantaranya: Menggunakan bahasa yang santun. Terdapat ungkapan persuasif (bahasa untuk membujuk). Berisi pasangan tuturan. Kesepakatan yang dihasilkan tidak ...

Latihan Soal Kegiatan Distribusi dan Konsumsi

Tentukan BENAR atau SALAH pernyataan di bawah ini dan berikan alasannya! Distribusi adalah kegiatan yang ditujukan untuk menyalurkan barang dan/ atau jasa tertentu dari produsen ke konsumen. Pak Sugiono memproduksi keripik pisang, keripik pisang yang dibuat Pak Sugiono langsung dijual di pasar. Pernyataan tersebut merupakan contoh distribusi langsung. Dalam mendistribusikan perlengkapan sekolah menggunakan mata rantai jenjang ketiga (3). Faktor pasar, barang, pedagang dan kebiasaan dalam pembelian merupakan factor-faktor yang memengaruhi distribusi. Dalam proses mendistribusikan distributor tidak memiliki fungsi sebagai penanggung resiko. T...

KOMPETENSI DASAR 3.1 BAHASA INDONESIA KELAS X SMA (TEKS OBSERVASI)

3.1) MENGIDENTIFIKASI LAPORAN HASIL OBSERVASI YANG DIPRESENTASIKAN DENGAN LISAN DAN TULISAN. 4.1) MENGINTERPRETASIKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERDASARKAN INTERPRETASI BAIK SECARA LISAN MAUPUN TULIS. 3.2) MENGANALISIS ISI &ASPEK KEBAHASAANDARI MINIMAL DUA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI. 4.2) MENGKONSTRUKSIKAN TEKS LAPORAN DENGAN MEMERHATIKANISI & ASPEK KEBAHASAAN BAIKLISAN MAUPUN TULIS. 3.3) MENGIDENTIFIKASI (PERMASALAHAN, ARGUMENTASI, PENGETAHUAN DAN R...